Mengenal Lebih Dekat Teknik Geofisika ITS

… mau kerja di Industri minyak? kuliah di Teknik Geofisika saja! – a random thought

geofisika_its
Mahasiswa Teknik Geofisika ITS

Sobat muda, salah satu faktor utama yang akan ‘membentuk’ masa depan kalian adalah Jurusan atau Program Studi saat kuliah. Jangan sampai salah Jurusan, bisa menyesal seumur hidup loh. Nah, buat sobat muda yang ingin berkarir di Industri Perminyakan (yang konon kabarnya gajinya Guede banget) selepas kuliah nanti, Jurusan Teknik Geofisika mungkin salah satu pilihan yang terbaik.

Salah satu Jurusan Teknik Geofisika terbaik di Indonesia itu ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mengapa? yuk kita mengenal lebih dekat dengan jurusan ini.

Bagaimana sih sekilas organisasi jurusan Teknik Geofisika di ITS?

Di ITS, Program studi Sarjana (S1) Teknik Geofisika ITS, berada di Departemen Teknik Geofisika (DTG), Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian (FTSLK)

Mengapa harus memilih Teknik Geofisika ITS?

Berada di ITS, Teknik Geofisika adalah salah satu jurusan Teknik Geofisika terbaik di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). [Bisa Di cek disini]

teknik_geofisik_akreditasi
Akreditas Teknik Geofisika ITS

Lulus Teknik Geofisika ITS Jadi Apa?

Gampanganya, lulusan Teknik Geofisika ITS kalian akan memiliki keahlian: 1). Mencari Lokasi dan Menentukan potensi SDA di dalam Bumi. 2). Memetakan Struktur perlapisan di bawah permukaan bumi.

Lebih detailnya Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Geofisika ITS adalah sebagai berikut:

Penguasaan Pengetahuan:

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa sebagai dasar metodologi pendekatan eksplorasi geofisika terhadap sebuah fenomena alam yang spesifik secara umum.
  2. Menguasai pengetahuan geologi untuk memahami proses geologi yang merupakan karakteristik dari sebuah fenomena alam tertentu secara umum.
  3. Menguasai konsep teoritis statistika untuk menentukan kebolehjadian proses dari sebuah fenomena alam secara umum.
  4. Menguasai konsep teoritis sains rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles) dan metode perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen dalam bidang rekayasa geofisika secara mendalam.
  5. Menguasai konsep, prinsip dan teknik perancangan sistem, proses atau komponen aplikasi rekayasa geofisika secara prosedural dimulai dari pengambilan data, pengolahan, interprestasi dan pemodelan untuk menyelesaikan masalah rekayasa geofisika secara mendalam.
  6. Menguasai pengetahuan operasional lengkap terkait dengan bidang teknologi rekayasa geofisika.
  7. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi teknologi; referensi teknis (kode dan standart) nasional dan internasional serta peraturan yang berlaku di wilayah kerjanya untuk melakukan pekerjaan teknologi rekayasa geofisika secara mendalam.
  8. Menguasai prinsip dan metode aplikasi perpetaan yang dibutuhkan dalam pekerjaan rekayasa geofisika secara umum.
  9. Menguasai prinsip-prinsip penjaminan mutu secara umum dalam pekerjaan rekayasa geofisika.
  10. Menguasai konsep dan prinsip pelestarian lingkungan secara umum dalam kegiatan rekayasa geofisika.
  11. Menguasai pengetahuan faktual prinsip dan isu terkini dalam masalah ekonomi, sosial budaya dan ekologi secara umum yang mempunyai pengaruh pada bidang rekayasa geofisika.
  12. Menguasai konsep, prinsip, tata cara bengkel, studio dan kegiatan laboratorium serta pelaksanaan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) secara umum.
  13. Menguasai wawasan pembangunan berkelanjutan secara umum dalam penerapan metodologi eksplorasi geofisika serta pengelolaan sumber daya alam.
  14. Menguasai konsep umum, prinsip, dan teknik komunikasi efektif secara lisan dan tulisan untuk tujuan spesifik secara umum.
  15. Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir dan material maju di bidang rekayasa geofisika secara mendalam.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) ke dalam prosedur, proses, sistem, atau metodologi rekayasa geofisika untuk membuat atau memodifikasi model dalam menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem) di bidang lingkungan, pemukiman, kelautan dan energi dengan konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa geofisika.
    c. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa geofisika.
  3. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa geofisika kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan.
  4. Mampu merancang sistem, proses dan komponen dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan serta memperhatikan faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan.
  5. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa geofisika berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa geofisika.
  6. Mampu meningkatkan kinerja, kualitas atau mutu suatu proses melalui pengujian, pengukuran obyek, kerja, analisis, interpretasi data sesuai prosedur dan standar kegiatan eksplorasi geofisika dengan memeperhatikan kaidah geologi dan tujuan eksplorasi.
  7. Mampu menggunakan teknologi mutakhir dalam melaksanakan pekerjaan rekayasa geofisika di bidang lingkungan, pemukiman, kelautan dan energy.
  8. Mampu mengenali perbedaan karakteristik medan eksplorasi darat dan laut yang dapat berpengaruh terhadap kualitas data hasil pengukuran.
  9. Mampu mengorganisasi data dan menyajikannya kembali dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  10. Mampu membaca peta dan citra satelit serta menentukan orientasi peta di lapangan menggunakan GPS, kompas dan data satelit.
  11. Mampu mengkritisi prosedur operasional lengkap dalam penyelesaian masalah teknologi rekayasa geofisika yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah.

Apa yang akan dipelajari di Teknik Geofisika ITS?

Berikut adalah Mata Kuliah yang akan kalian pelajari di Teknik Geofisika ITS:

kurikulum_geofisika_ITS

kurikulum_geofisika_ITS_2

Informasi Lebih Lanjut Tentang Teknik Geofisika ITS?

  1. Website Departemen Geofisika ITS: http://geofisika.its.ac.id
  2. Website Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian (FTSLK) ITS: http://ftslk.its.ac.id

 

Semoga Berhasil ya! Sampai ketemu sebagai mahasiswa baru Teknik Geofisika ITS, vivat!!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.